Rumah Jogja

Rumah Jogja

Menjual rumah jogja dan pindah ke lokasi rumah baru bisa jadi merupakan gerbang menuju tahapan baru dalam kehidupan Anda. Namun, tanpa persiapan yang matang dan perhitungan tepat, keputusan tersebut bisa juga menjadi penyesalan dan membawa lebih banyak masalah. Sebelum melakukan kesalahan yang sama, tidak ada salahnya Anda belajar dari kesalahan orang lain. Berikut ini 5 hal yang tidak baik yang kerap dilakukan ketika menjual rumah jogja:

1. Menjual rumah jogja sebelum siap

 

Sebelum memasukkan iklan penjualan rumah jogja Anda di media cetak, elektronik, atau memasang tanda di depan rumah, pastikan Anda sudah siap. Tidak hanya siap secara fisik, tetapi juga mental. Secara fisik, artinya Anda sudah memiliki rencana tujuan kepindahan Anda. Contoh mudahnya, jika rumah baru Anda belum selesai dibangun, Anda sebaiknya merencanakan kepindahan sementara dengan menyewa kontrakan. Sementara itu, secara mental, artinya Anda harus siap sewaktu-waktu berpisah dengan lingkungan rumah Anda saat ini.

2. Memasuki pasar properti jogja tanpa cukup informasi

 

Ketahui dahulu kondisi pasar properti jogja selama enam bulan ke belakang, setidaknya secara garis besar. Tidak hanya kondisi pasar properti setempat, ada baiknya juga Anda mengetahui kondisi perekonomian global yang kemungkinan berdampak pada pasar properti lokal jogja. Mudahnya, perhatikan berita properti terkini, terutama di sekitar tempat Anda.

Garden Rumah Jogja

Garden Rumah Jogja

3. “Tanpa perantara”, tanpa pengetahuan

 

Beberapa pemilik rumah jogja lebih tertarik menjual propertinya tanpa perantara atau makelar dengan berbagai pertimbangan. Umumnya, pertimbangannya tersebut berorientasi pada kurangnya potongan komisi.

Sebenarnya, ada lebih banyak hal yang harus Anda ketahui dan pelajari sebelum menjual rumah jogja tanpa perantara. Anda sebaiknya mengetahui status hukum properti yang Anda jual, serta memastikan transaksi tersebut legal secara hukum.

4. Tidak memercayai insting Anda ketika mempekerjakan perantara

 

Menggunakan jasa perantara pun tidak semudah kata-kata. Anda harus sensitif dalam memilih pihak yang cocok sebagai perantara Anda. Tanpa adanya kecocokan antara Anda dan makelar (realtor), akan sulit menjual rumah jogja Anda. Namun, sebaiknya Anda juga tidak pasrah dalam transaksi penjualan rumah. Pastikan proses dan hasil akhirnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

5. Menggunakan jasa karena kenal

 

Sebaiknya, Anda memilih realtor berdasarkan profesionalitasnya, bukan hanya karena kenal atau karena dia anggota keluarga Anda. Dengan memilih berdasarkan kecakapan kerjanya, Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan ketimbang hanya berdasarkan kedekatan personal.

bathroom rumah di jogja

bathroom rumah di jogja

Hal Yang Patut Dihindari Ketika Menjual Rumah Jogja

 

Pintu rumah jogja

Pintu rumah jogja

Rumah di Jogja, Tanah di Jogja, UGM, Kos Kosan Jogja, Properti Jogja, Jalan Kaliurang, Tanah Dijual Jogja, Kota Jogja, Yogya Property, Ring Road Utara, Rumah Jogja Dijual, Seturan, Tanah Jogja, Rumah Jogja